Pembuatan Website CV


Website CV saya dibuat dengan vanilla HTML, CSS, Java. untuk pembuatannya dijelaskan sebagai berikut.
  • Persiapan
Pertama adalah menyiapkan hal yang dibutuhkan untuk tampilan website seperti menentukan color pallete, layout, gambar-gambar yang ingin dimasukkan, dan konten dari website. setelah sudah dipersiapkan saya menggunakan design yang terinspirasi dari uidesigndaily.
  • HTML & CSS
Setelah semua sudah siap saya gunakan visual studio code untuk membuat website. Vanilla HTML, CSS, dan Javascript yang digunakan dalam web ini.
pertama-tama saya membuat struktur web dan membaginya sesuai section. setelah membuat struktur dari website tampilannya saya manipulasi agar terlihat menarik dengan CSS. dalam CSS saya banyak mengimplementasikan penggunaan Flexbox untuk mengatur layout dan Transition untuk animasi-animasi.

   



  • Javascript
Ketika sudah jadi tampilan website yang sudah ok saya harus menggunakan javascript untuk membuat hal yang tidak bisa dilakukan hanya dengan HTML dan CSS dapat dilakukan. Javascript diwebsite saya berguna untuk hal berikut :
    • Navigasi bar yang dinamis saat scrolling



    • Fungsi copy to clipboard pada icon mail


    • Fungsi scroll to top pada tombol home


    • Fungsi animasi appearing pada web saat scrolling



  • Responsive
Setelah tampilan website sudah ok diresolusi layar komputer, maka tahap berikutnya adalah membuat tampilan yang baik dengan resolusi yang lebih kecil dan di hp. dengan Menggunakan media query pada CSS, saya mengatur layout secara ulang dengan mengurangi padding, mengecilkan font, agar tampilan bisa tetap dibaca pada device berukuran kecil. Perubahan ke responsive pada website ini cukup mudah dilakukan dikarenakan penggunaan flexbox. setelah itu saya membuat beberapa fitur tambahan menggunakan javascript yakni membuat responsive navigation sidebar.





Comments

Popular posts from this blog